Minggu, 10 Juni 2012

Ilmuan Jepang Sukses Membuat Hati Manusia dari Sel Punca

Dari sel punca yang ditranplantasikan pada tikus

Para ilmuwan Jepang berhasil menciptakan hati manusia yang bisa berfungsi dengan baik dari sel punca, demikian lapor AFP Jumat, Temuan itu mendorong industri produksi organ tubuh buatan untuk mereka yang membutuhkan transplantasi.

Dalam penelitiannya, sebuah tim ilmuwan di Jepang mentransplantasikan sel-sel induced pluripotent stem (iPS) ke dalam tubuh tikus dan sel-sel itu kemudian bertumbuh menjadi hati manusia yang juga berfungsi norman.

Sel punca sering diambil dari embrio manusia, praktek yang hingga kini masih menuai kontroversi. Tetapi sel-sel iPS - yang bisa bertumbuh menjadi jaringan dari bagian tubuh manusia apa saja - bisa diambil dari manusia dewasa.

Tim yang dipimpin oleh Hideki Taniguchi, pengajar di Yokohama City University mengubah sel iPS manusia menjadi "sel prekursor", yang kemudia mereka transplantasikan ke kepala tikus agar mendapatkan aliran darah yang cukup.

Sel-sel itu kemudian berkembang menjadi hati manusia sepanjang 5 mili meter, ukuran yang cukup untuk menghasilkan protein manusia dan menguraikan obat-obatan.

Temuan ini membuka jalan untuk produksi organ manisia, kunci bagi dokter yang sering mengalami kesulitan untuk mencai donor untuk organ tubuh.

Ringkasan dari penelitian Taniguchi akan dipresentasikan dalam konferensi akademis pekan depan. Tetapi Taniguchi menolak untuk membeberkan temuannya itu sebelum konferensi itu berlangsung.
Penulis: AFP/ Liberty Jemadu

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Petunjuk Download

Semua link download akan dialihkan ke adf.ly secara otomatis,,,ketika masuk di halaman adf.ly , silahkan sobat klik tombol (SKIP AD atau LEWATI) pada kanan atas layar sobat atau drag tombol (SKIP AD atau LEWATI) tersebut ke kotak adress bar,,,setelah itu sobat akan langsung masuk ke halaman mediafire dan silahkan download filenya.............. enjoy :) :D

NB : jika saat mendownload, sobat diminta memasukan password untuk membuka filenya. silahkan masukan password "fnr-site.blogspot.com" (tanpa tanda petik!)