Rabu, 21 Maret 2012

Manfaat Kulit Pisang


pisang alias cauAnda suka pisang? kalo penulis suka banget sama pisang, sebab buah yg satu ini selain harganya paling murah dibandingkan jenis buah lain, juga bikin kenyang loh!
Pisang merupakan buah yang selalu tersedia melimpah di pasar, bukan jenis buah musiman dan produksinya cukup banyak. Pisang banyak dikonsumsi dalam keadaan segar oleh sebagian masyarakat tetapi kulitnya hanya dibuang dan menjadi limbah, padahal penelitian tim Universitas Kedokteran Taichung Chung Shan, Taiwan memperlihatkan bahwa ekstrak kulit pisang ternyata berpotensi mengurangi gejala depresi dan menjaga kesehatan retina mata. Selain kaya vitamin B6, kulit pisang banyak mengandung serotonin yang sangat vital untuk menyeimbangkan mood. Selain itu, ditemukan pula manfaat ekstrak pisang untuk menjaga retina dari kerusakan cahaya akibat regenerasi retina. Dibawah beberapa manfaat dari kulit pisang ;

1. Mengatasi Nyeri pada Luka Gores
Kulit pisang ternyata kaya akan minyak nabati yang di dalamnya juga terdapat senyawa tertentu yang berkhasiat sebagai pereda nyeri. Anda dapat mencobanya dengan menempelkan kulit pisang yang sudah dibersihkan dan diutamakan masih segar untuk mengurangi rasa nyeri pada luka bakar atau tergores.
2. Meringankan Gatal-Gatal
Terkadang kita merasa gata-gatal di kulit yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk ataupun gigitan serangga, bahkan ada juga yangg berasal dari gejala alergi pada makanan tertentu, namun jangan khawatir Anda cukup menempelkan kulit pisang ke permukaan kulit yang gatal.
3. Melenyapkan Kutil
Kutil terkadang menyerang Anda di tempat yang tidak pernah Anda duga, namun jangan khawatir karena kulit pisang dipercaya memiliki antivirus. Tempelkan kulit pisang, lalu ditahan dengan plester dan dibiarkan hingga sembuh dengan sendirinya.
4. Pembersih Gatal pada Luka
Ketika Anda terluka pada kulit, biasanya luka yang sudah mulai kering terasa gatal karena tertutup serpihan kulit mati yang mengeras. Jika Anda ceroboh biasanya Anda akan mengupas kulit mati tersebut yang terkadang membuat luka baru. Cara yang paling mudah untuk mengusir serpihan kulit mati itu adalah dengan cara mengoleskan kulit pisang di tempat serpihan kulit mati, karena akan bereaksi dengan enzim yang terkandung di dalamnya.
5. Membersihkan Sepatu
Terkadang Anda tidak sempat membeli semir sepatu karena kesibukan Anda, namun tidak usah khawatir jika Anda memiliki persediaan pisang di kulit pisang bs jd semirrumah, gunakanlah kulit pisang untuk menyemir sepatu Anda, niscaya sepatu Anda akan terlihat bersih dan mengkilap.
Selain kulitnya, buah pisang juga dapat mengobati stress. Zat potasium yang terkandung di dalamnya terdapat mineral penting yang membantu menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengatur cairan tubuh-keseimbangan. Jadi tidak ada salahnya Anda memanfaatkan buah dan kulit pisang sekaligus.
Kulit Pisang Untuk Menjernihkan Air
Kulit pisang selama ini dihindari karena bisa membuat Anda terpeleset, namun kini para ahli menemukan bahwa kulit pisang bisa mencegah bahan-bahan polutan mencemari air. Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan serabut kelapa, kulit kacang tanah, dan bahan-bahan tanaman lainnya mampu memindahkan racun berbahaya, seperti timah dan tembaga dari air.
Pertambangan, pabrik dan pertanian bisa menghasilkan limbah yang berpotensi membahayakan kesehatan dan lingkungan. Metode terbaru untuk menjernihkan air dari logam berat masih sangat mahal, bahkan beberapa bahan yang digunakan untuk proses penjernihan juga memiliki racun.
Ilmuwan di  Universitas Sao Paulo Brasil dan kolega melakukan penelitian untuk mengetahui apakah kulit pisang juga bisa memurnikan air. Kulit pisang juga bisa digunakan untuk menggosok perak dan sepatu kulit.
Kulit pisang terdiri dari atom nitrogen, sulfur dan bahan-bahan organik seperti asam carboxylic. Asam ini bisa mengikat logam yang ada di air, kata Gustavo Castro, peneliti dari Universitas Sao Paulo.
Para peneliti itu menemukan potongan kulit pisang bisa memindahkan timah dan tembaga dari air yang ada di sungai Parana, Brasil. Menurut mereka, penjernih dari kulit pisang bisa digunakan hingga 11 kali. Bahan-bahan sintetis bisa digunakan beberapa kali, namun bahan alami jauh lebih murah dan tidak membutuhkan proses kimia untuk membuatnya.
Yoghurt Dari Kulit Pisang
banana-skinMelihat banyaknya manfaat yang terdapat dalam kulit pisang mendorong mahasiswa jurusan pendidikan IPA fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta untuk mengolah limbah kulit pisang menjadi yoghurt. Gagasan mahasiswa pendidikan IPA ini berhasil meraih dana Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2011 bidang Kewirausahaan.
”Kami memilih kulit pisang untuk dijadikan yoghurt karena selama ini kulit pisang hanya menjadi limbah dari pedagang gorengan dan dianggap sebagai sampah yang tidak ada manfaatnya, tetapi ternyata dapat berubah menjadi komoditas usaha yang menjanjikan” kata Ratna Wirawati salah seorang mahasiswi, ”Selain itu dalam kulit pisang ternyata mengandung lemak, protein, dan glukosa yang cukup sehingga saat difermentasi dapat menghasilkan asam laktat yang dihasilkan dari gula susu. Ini merupakan syarat bahan untuk pembuatan yoghurt”.
Keripik Kulit Pisang
Para pengusaha keripik pisang tidak perlu ragu untuk memanfaatkan kulit pisang menjadi olahan keripik kulit pisang. Kelezatan keripik kulit pisang tak kalah dengan keripik pisang. Untuk memberikan variasi rasa, taburkan bumbu tabur pada keripik kulit pisang. Pilih bumbu tabur aneka rasa untuk memberikan sensasi rasa yang berbeda.
Manfaat kulit pisang dapat dinikmati dalam keripik kulit pisang. Hal ini menjadi peluang bisnis baru. Para pengusaha keripik pisang tidak perlu ragu untuk memanfaatkan kulit pisang menjadi olahan keripik kulit pisang. Kelezatan keripik kulit pisang tak kalah dengan keripik pisang. Untuk memberikan variasi rasa, taburkan bumbu tabur pada keripik kulit pisang. Pilih bumbu tabur aneka rasa untuk memberikan sensasi rasa yang kripik-kulit-pisangberbeda.
Berikut adalah cara pembuatan keripik kulit pisang :
Bahan
1.    Kulit pisang
2.    Air kapur
3.    Garam
4.    Gula
5.    Tepung
Cara pembuatan :
1.    Siapkan kulit pisang dan cuci hingga bersih.
2.    Buat larutan kapur dengan mengambil setengah sendok teh kapur ke dalam 1 liter air.
3.    Rendam kulit pisang dalam larutan air kapur selama 20 menit.
4.    Buat larutan garam dengan mengambil satu sendok teh garam dan dilarutkan dalam satu liter air.
5.    Kemudian rendam kulit pisang dalam larutan garam selama 20 menit
6.    Buat larutan gula dengan mengambil 3 sendok makan gula dan dilarutkan dalam satu liter air.
7.    Rendam kulit pisang dalam larutan gula selama 20 menit.
8.    Jemur kulit pisang hingga kering (8 jam) .
9.    Goreng kulit pisang kering hingga kuning kecoklatan.
10.  Jika menginginkan penggorengan dengan tepung, lakukan kembali langkah nomor 4-7 dan masukkan kulit pisang dalam adonan tepung.
11.  Setelah terlihat keripik pisang mulai berwarna kuning, angkat dari penggorengan dan tiriskan.
12. Sajikan keripik kulit pisang dengan minuman hangat sebagai hidangan di sore hari.
-Dikutip dari beberapa sumber-

Reaksi:

1 komentar:

Petunjuk Download

Semua link download akan dialihkan ke adf.ly secara otomatis,,,ketika masuk di halaman adf.ly , silahkan sobat klik tombol (SKIP AD atau LEWATI) pada kanan atas layar sobat atau drag tombol (SKIP AD atau LEWATI) tersebut ke kotak adress bar,,,setelah itu sobat akan langsung masuk ke halaman mediafire dan silahkan download filenya.............. enjoy :) :D

NB : jika saat mendownload, sobat diminta memasukan password untuk membuka filenya. silahkan masukan password "fnr-site.blogspot.com" (tanpa tanda petik!)