Rabu, 21 Maret 2012

Bahaya Gas Karbon Monoksida


Apakah anda sebagai pengguna peralatan seperti pemanas air, pemanas ruangan, generator portable, perapian, dan arang yang dibakar di rumah atau ruangan tertutup lainnya di sekitar Anda. Mulai saat ini berhati-hatilah dalam menggunakan peralatan tersebut. Kenapa harus berhati-hati? Beberapa waktu lalu kita mendengar di media massa atau berita di tv atas kematian Adesagi dan temannya, juga sepasang kekasih yang meninggal di dalam mobil, dikabarkan keracunan karbon monoksida.
Apa itu karbon monoksida? Karbon monoksida (CO) adalah gas tidak berwarna dan tidak berbau. Gas beracun ini berasal dari pembakaran tak sempurna, seperti batu bara, kayu, arang, minyak, minyak tanah, propana, dan gas alam. Bagaimana gas karbon monoksida bisa membunuh manusia? Karena sifat CO tidak berbau dan tak berwarna, sulit mendeteksinya dengan indra manusia. Kita pun masih sulit membedakan korban keracunan gas karena gejalanya mirip flu. Gejala keracunan CO antara lain sakit kepala, kelelahan, sesak napas, mual, pusing. Pada tingkat yang lebih parah, keracunan CO bisa menyebabkan muntah, kegilaan, kehilangan koordinasi otot, sampai mati.
Bagaimana mencegah keracunan gas karbon monoksida atau CO ?
Berikut adalah beberapa cara yang bisa diperhatikan :

  • Pastikan peralatan dipasang dan dioperasikan sesuai dengan instruksi pabrik. Kebanyakan peralatan harus dipasang orang yang profesional. Kalau memiliki pemanas, rajin-rajinlah memeriksa dan servis setiap tahun.
  • Jangan mengoperasikan generator portabel atau mesin dengan bahan bakar bensin dalam ruang tertutup.
  • Pasang alarm CO yang memenuhi persyaratan standar keselamatan.
  • Jangan pernah membakar arang di ruang tertutup. Waspada pembakaran tak sempurna dari kompor gas.
  • Jangan pernah meninggalkan mobil hidup di garasi meski pintu garasi terbuka.
  • Buatlah ventilasi yang cukup untuk sirkulasi udara di rumah serta konsultasikan dengan ahli.
Yang paling utama adalah kehati-hatian dan jangan lupa untuk selalu memeriksakan semua peralatan sesuai yang di sebutkan di atas. Consumer Product Safety Commission Amerika Serikat mencatat 170 orang meninggal dunia dalam setahun gara-gara keracunan gas karbon monoksida. Ini menandakan bahwa gas karbon monoksida memang sangat berbahaya.

Reaksi:

1 komentar:

Petunjuk Download

Semua link download akan dialihkan ke adf.ly secara otomatis,,,ketika masuk di halaman adf.ly , silahkan sobat klik tombol (SKIP AD atau LEWATI) pada kanan atas layar sobat atau drag tombol (SKIP AD atau LEWATI) tersebut ke kotak adress bar,,,setelah itu sobat akan langsung masuk ke halaman mediafire dan silahkan download filenya.............. enjoy :) :D

NB : jika saat mendownload, sobat diminta memasukan password untuk membuka filenya. silahkan masukan password "fnr-site.blogspot.com" (tanpa tanda petik!)