Mengevaluasi dan Menganalisis Kurikulum
Kurikulum 1975
Dalam perkembangan pengajaran di sekolah, di Indonesia telah terjadi beberapa kali perubahan kurikulum, yaitu : kurikulum 1968, 1975, 1984, 1994 dan terakhir kurikulum 2004. Kurikulum 1968 diperbaharui dengan pembakuan kurikulum 1975.
Isi Kurikulum 1975- Kurikulum SD, SMP, dan SMA berorientasi pada tujuan (Objective Oriented). Dengan dicantumkannya berbagai jenis tujuan yang tersusun secara hierarkis, dari mulai tujuan pendidikan nasionl, tujuan institusional, tujuan kurikuler sampai ke tujuan instruksional umum. Atas dasar tujuan-tujuan itu, guru diwajibkan mengembangkan tujuan intruksional khusus untuk diusahakan pencapaiannya pada proses belajar mengajar yang diselenggarakannya.Tujuan intruksional khusus itu menjadi tujuan antara untuk mencari tujuan-tujuan yang ada.
- Sifat : Integrated Curriculum Organization.Menganut pendekatan integrative dalam arti bahasa setiap pelajaran memiliki arti dan peranan yang menunjang kepada tercapainya tujuan-tujuan yang lebih integratif.
- SD mempunyai satu struktur program terdiri atas 9 (sembilan) bidang studi.
- Pelajaran Ilmu Alam dan Ilmu Hayat menjadi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)...(masih ada lanjutannya)
Silahkan download materi lengkapnya di sini
0 comments:
Post a Comment