Jumat, 04 Mei 2012

Informasi Bidik Misi 2012 Prosedur Pendaftaran dan Persyaratan

Bidik Misi 2012 Prosedur Pendaftaran dan PersyaratanJadwal Informasi Lengkap Beasiswa Pemerintah – Bidik misi merupakan salah satu Program Bantuan Pendidikan / Beasiswa oleh Pemerintah kepada calon mahasiswa berprestasi yang datang dari Kalangan tidak mampu.  Program ini bisa dibilang cukup sukses dan banyak membuat calon mahasiswa yang tidak mampu tetapi sebenarnya berprestasi bisa berkuliah di tempat Perguruan Tinggi Negeri yang mereka tuju.

Adapun di Tahun 2012 ini Pemeritah kembali membuka Program Beasiswa Bidik Misi 2012.  Bagi yang tertarik untuk mengikuti Program Beasiswa ini tentu harus memperhatikan dengan seksama mengenai Bidik Misi 2012 Prosedur Pendaftaran dan Persyaratan.
Berikut ini merupakan Persyaratan Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi 2012 :

  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2012;
  2. Lulusan tahun 2011 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing- masing PTN;
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  4. Kurang mampu secara ekonomi sebagai berikut:
    1. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 setiap bulan;
    2. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp600.000,00 setiap bulannya; dan
    3. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
  5. Untuk peserta seleksi SNMPTN Ujian Tulis dan Seleksi Mandiri harus memiliki potensi akademik memadai, yaitu masuk dalam 30% terbaik di sekolah (semester 4 dan 5 bagi yang akan lulus tahun 2012 atau semester 5 dan 6 bagi lulusan tahun 2011);
  6. Khusus SNMPTN jalur undangan hanya diperuntukkan bagi yang akan lulus tahun 2012 serta memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan oleh Kepala Sekolah, yaitu masuk di dalam peringkat terbaik di sekolah yang sama pada semester 3, 4 dan 5 dengan ketentuan berdasarkan akreditasi (akreditasi sekolah untuk SMA dan MA atau akreditasi jurusan/bidang keterampilan untuk SMK dan MK), dengan rincian sebagai berikut:
    1. Akreditasi A: 50% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5;
    2. Akreditasi B: 30% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5;
    3. Akreditasi C: 15% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5;
    4. Lainnya: 5% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5.
  7. Pertimbangan khusus diberikan kepada pendaftar yang memenuhi persyaratan 1 s.d. 6, serta mempunyai prestasi ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler paling rendah peringkat ke-3 di tingkat kabupaten/kota atau prestasi non kompetitif lain yang tidak ada pemeringkatan (contoh ketua organisasi siswa sekolah/OSIS);
  8. Potensi akademik dan prestasi yang dimaksud pada butir 5 dan 6 dinyatakan dengan surat rekomendasi Kepala Sekolah/Madrasah atau Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sesuai dengan Lampiran 2;
  9. Pendaftar difasilitasi untuk memilih seleksi nasional dan/atau seleksi mandiri apabila mendaftar ke:
    1. Semua jenis seleksi nasional (SNMPTN Undangan dan/atau Ujian Tulis);
    2. Seleksi mandiri di 1 (satu) PTN dengan 2 (dua) program studi pilihan
10. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi;
11. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.

Adapun Jadwal Pelaksaan Beasiswa Bidik Misi Tahun 2012 yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :
  • Bidikmisi untuk SNMPTN Jalur Undangan : 20 Januari 2012 – 6 Maret 2012 Pukul 18.00 WIB
  • Bidikmisi untuk SNMPTN Jalur Ujian Tulis : 1 Mei 2012 – 29 Mei 2012
  • Jadwal Pendaftaran Bidikmisi untuk Seleksi Mandiri mengikuti ketentuan masing-masing PTN

Sama seperti Pendaftaran SNMPTN tahun 2012, Cara daftar Beasiswa Bidik Misi tahun ini juga bisa melalui internet secara Online.  Bagi yang masih bingung Bagaimana Cara Daftar Beasiswa Bidik Misi 2012 , berikut ini Bidik Misi 2012 Prosedur Pendaftaran dan Persyaratan :
  • Masuk ke website daftar Bidikmisi di http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/
  • Kemudian tahap pertama Pendaftaran Sekolah , dengan cara memasukan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional Anda) bukan NISN.
  • Tahap Kedua yaitu masukkan data rekomendasi Siswa calon penerima Beasiswa Bidik Misi 2012 ini.
  • Dan Tahap terakhir yaitu dengan Memasukkan Nomor Identitas dan Kode Akses Calon penerima Beasiswa Bidik Misi.

Untuk Tahun 2012,perbandingan antara penerima bidik misi di PTN di Jawa Tengah,khususnya UNDIP dan UNNES seperti yang di lansir suaramerdeka.com dan bidikmisi.unnes.ac.id

Untuk UNDIP mendapat Kuota 800 orang :
"Kuota penerima beasiswa Biaya Pendidikan Miskin Berprestasi (Bidik Misi) 2012 untuk Universitas Diponegoro (Undip) ditambah oleh Ditjen Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional menjadi 800 mahasiswa.
Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) Prof Dr Mukh Arifin mengatakan, kuota tersebut meningkat dari tahun lalu sebanyak 500 mahasiswa.
Ia mengungkapkan, menyambut baik penambahan kuota tersebut. Undip sendiri, berkomitmen memenuhi kuota 20 persen dari total daya tampung untuk mahasiswa miskin, antara lain lewat beasiswa Bidik Misi, dan lainnya akan diupayakan melalui pemberian beasiswa.
"Peningkatan kuota penerima beasiswa ini bisa membantu mahasiswa berprestasi dari kalangan keluarga miskin, dalam mengakses pendidikan. Undip juga punya kewajiban menyalurkan beasiswa minimal 20% dari total mahasiswa," katanya, Rabu (2/5).
Menurutnya, semua penerima beasiswa bidik misi ini sudah sesuai sasaran yang ditetapkan. Mekanisme penyaluran beasiswa nantinya langsung dipotongkan untuk kepentingan pembayaran SPP dan Praktikum. Mereka juga berhak mendapatkan bantuan biaya hidup antara Rp 600.000-Rp 800.000/bulan."

Sementara untuk UNNES mendapat kuota 1.450:
"Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan menyalurkan sedikitnya 1.450 Beasiswa Bidikmisi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi mahasiswa baru 2012.
Pembantu Rektor Bidang Akademik Agus Wahyudin MSi mengemukakan hal itu berdasarkan daftar kuota Bidikmisi yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Kemdiknas, akhir pekan lalu, di Jakarta.
“Jumlah ini tergolong sangat banyak dibandingkan dengan PTN lain. Bahkan masih dimungkinkan bertambah, karena kami sedang mengajukan permintaan tambahan,” katanya.
Dia menandaskan, untuk Jawa Tengah, Unnes merupakan PTN dengan kuota terbanyak. Sebagai perbandingan, Universitas Diponegoro memperoleh kepercayaan untuk menyalurkan 500, Universitas Jenderal Soedirman 450, Universitas Sebelas Maret 500, dan Institut Seni Indonesia Surakarta 75.
Dikemukakannya, secara nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengucurkan 30.00 paket beasiswa Bidikmisi bagi mahasiswa baru 2012 PTN. Beasiswa diberikan sebesar Rp 6 juta per semester selama empat tahun studi.
PR I juga mengemukakan, Bidikmisi yang merupakan beasiswa full study itu diberikan kepada mereka yang berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi namun berprestasi akademik baik. “Dapat digolongkan tidak mampu secara ekonomi  jika pendapatan gabungan orang tua tidak lebih dari Rp3 juta atau pendapatan per kapita tanggungan kurang dari Rp600 ribu. Semua itu antara lain bisa dibuktikan dengan surat keterangan tidak mampu, rekening listrik, air, dan/atau telepon. Juga diperkuat dengan foto kondisi rumah tinggal,” katanya.
Adapun  yng dimaksud berprestasi akademik baik adalah berada pada 30% urutan prestasi terbaik di sekolah atau sesuai dengan ketentuan SNMPTN Jalur Undangan. “Prestasi hingga peringkat ketiga tingkat kabupaten/kota juga akan menjadi nilai tambah,” katanya seraya mengemukakan, lulusan SMA/MA/SMK 2011 bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa ini.
Beasiswa sebesar itu, menurutnya, akan meliputi bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan yang digunakan sebagai pembebasan biaya pendidikan dan bantuan biaya hidup. “Jadi, yang diterima mahasiswa adalah porsi untuk biaya hidup, yakni minimal Rp600 ribu per bulan,” katanya.
Terkait dengan SNMPTN Jalur Undangan yang pendaftarannya akan mulai dibuka mulai Rabu, 1 Februari 2012, PR I mengemukakan, pendaftaran Bidikmisi terintegrasi juga dengan jalur seleksi nasional tersebut. “Kemdikbud menyediakan kuota 80.000 gartis bagi pendaftar Bidikmisi yang tiket itu bisa digunakan saat mendaftarkan diri di SNMPTN Jalur Undangan, Jalur Ujian Tulis, bahkan ujian mandiri. Bisa digunakan tidak hanya sekali,” katanya.

Sumber: unnes.ac.id"

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Petunjuk Download

Semua link download akan dialihkan ke adf.ly secara otomatis,,,ketika masuk di halaman adf.ly , silahkan sobat klik tombol (SKIP AD atau LEWATI) pada kanan atas layar sobat atau drag tombol (SKIP AD atau LEWATI) tersebut ke kotak adress bar,,,setelah itu sobat akan langsung masuk ke halaman mediafire dan silahkan download filenya.............. enjoy :) :D

NB : jika saat mendownload, sobat diminta memasukan password untuk membuka filenya. silahkan masukan password "fnr-site.blogspot.com" (tanpa tanda petik!)