Selasa, 24 April 2012

Reaktor Grafit Berpendingin Gas (Gas Cooled Reactor, GCR)

RINGKASAN

Reaktor Grafit Berpendingin Gas (Gas Cooled Reactor, GCR) adalah reaktor berbahan bakar uranium alam dengan moderator grafit dan berpendingin gas karbon dioksida (CO2). PLTN tipe GCR yang pertama kali dibangun dengan skala penuh adalah Calder Hall-1 60 MWe yang mulai dioperasikan pada tahun 1956. 

Reaktor ini mempunyai suatu kelemahan, yaitu mahal untuk daya yang besar. Tetapi dengan pertimbangan bahwa sebagai bahan bakar dapat digunakan uranium alam, faktor keselamatan tinggi, sudah pernah dibangun dan dioperasikan serta mempunyai cukup pengalaman operasi, maka PLTN tipe ini sebenarnya layak untuk dioperasikan secara komersial. Salah satu bentuk penyempurnaan PLTN tipe GCR pernah dioperasikan di Jepang dari tahun 1996, tetapi karena faktor ekonomi pada tahun 1998 PLTN tersebut ditutup. Pada PLTN Calder Hall, sebagai bahan pelapis dan kelongsong bahan bakar digunakan logam paduan magnox dengan magnesium sebagai bahan utamanya. Oleh karena itu reaktor ini sering disebut Reaktor Magnox.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang reaktor ini silah kan download file PDF "Reaktor Grafit Berpendingin Gas (Gas Cooled Reactor, GCR)" di sini

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Petunjuk Download

Semua link download akan dialihkan ke adf.ly secara otomatis,,,ketika masuk di halaman adf.ly , silahkan sobat klik tombol (SKIP AD atau LEWATI) pada kanan atas layar sobat atau drag tombol (SKIP AD atau LEWATI) tersebut ke kotak adress bar,,,setelah itu sobat akan langsung masuk ke halaman mediafire dan silahkan download filenya.............. enjoy :) :D

NB : jika saat mendownload, sobat diminta memasukan password untuk membuka filenya. silahkan masukan password "fnr-site.blogspot.com" (tanpa tanda petik!)