Thursday 26 April 2012

Lapisan-Lapisan Atmosfer Bumi

A. Pengertian Atmosfer


Atmosfer adalah sebuah lapisan udara yang menyelimuti planet bumi yang berfungsi untuk melindungi dari bahaya luar angkasa seperti meteor atau radiasi matahari.
Komposisi atmosfer bumi terdiri dari berbagai macam gas, diantaranya adalah gas nitrogen sebesar 78%, oksigen 21%, dan sisanya adalah gas lain seperti karbon dioksida, kripton, argon, neon, dll.

B. Bagian-bagian Atmosfer


Lapisan atmosfer bumi terdiri dari berbagai lapisan yang masing-masing mempunyai suhu dan ketebalan tertentu. Lapisan-lapisan tersebut antara lain:

1. Troposfer

Lapisan troposfer terletak di level yang paling bawah dan terdapat pada ketinggian 0-15 KM diatas permukaan tanah. Di dalam lapisan inilah berbagai fenomena seperti cuaca, perubahan suhu, tekanan udara, dan kelembaban udara berlangsung.

2. Stratosfer

Stratosfer terletak pada ketinggian antara 15-40 KM diatas permukaan bumi. Pada ketinggian 35 KM terdapat lapisan ozone yang berguna untuk membatasi sinar ultra violet yang masuk ke bumi. Di lapisan ini pulalah tempat terbangnya pesawat.

3. Mesosfer

Lapisan ini terdapat pada ketinggian antara 40-80 KM di atas permukaan bumi dan memiliki temperatur kurang dari -50oC.

4. Ionosfer

Lapisan ionosfer adalah lapisan pelindung bumi dari serangan meteor dari luar angkasa, meteor yang ditarik oleh gaya gravitasi bumi akan terbakar pada lapisan ini, meskipun tidak sampai terbakar habis. Di lapisan ini pula lah fenomena aurora berlangsung.

5. Eksosfer

Merupakan lapisan terluar dari atmosfer yang terdapat pada ketinggian sekitar 800-1000 KM diatas permukaan bumi.

C. Pemanfaatan Atmosfer


Selain memiliki fungsi sebagai pelindung bumi dari berbagai macam bahaya yang datang dari luar angkasa. Atmosfer juga memiliki beberapa kegunaaan lain diantaranya adalah untuk mengirimkan gelombang radio, meramalkan cuaca yang nantinya akan sangat berguna bagi keperluan pertanian dan transportasi, dan untuk melakukan rekayasa-rekayasa seperti hujan buatan.

0 comments:

Post a Comment

Petunjuk Download

Semua link download akan dialihkan ke adf.ly secara otomatis,,,ketika masuk di halaman adf.ly , silahkan sobat klik tombol (SKIP AD atau LEWATI) pada kanan atas layar sobat atau drag tombol (SKIP AD atau LEWATI) tersebut ke kotak adress bar,,,setelah itu sobat akan langsung masuk ke halaman mediafire dan silahkan download filenya.............. enjoy :) :D

NB : jika saat mendownload, sobat diminta memasukan password untuk membuka filenya. silahkan masukan password "fnr-site.blogspot.com" (tanpa tanda petik!)