Rabu, 21 Maret 2012

Pengetahuan Tentang Nuklir

Nuklir
Nuklir adalah sebuah kata sifat yang khusus berhubungan dengan nucleus atau inti atom (h: 7 ).

Reaksi nuklir
Reaksi nuklir adalah reaksi yang melibatkan inti atom. Biasanya terjadi
antara inti atom dengan inti atom atau dengan partikel elementer yang menghasilkan
produk yang berbeda dengan inti atom atau partikel sebelum
reaksi. Secara umum reaksi nuklir dapat dibedakan menjadi reaksi
penggabungan (fusi) dan reaksi pembelahan (fisi).

Reaksi fusi nuklir
Reaksi fusi merupakan penggabungan dua buah inti atom untuk menghasilkan inti atom yang lebih berat. Reaksi ini diikuti oleh pelepasan atau penyerapan energi serta partikel-partikel elementer Fusi atom Deuterium (2H) dengan Tritium (3H) atau (D-T fusion) akan menghasilkan sebuah atom Helium (He) dan neutron (n) disertai oleh pelepasan energi.

Reaksi fisi nuklir
Peristiwa pecahnya inti suatu atom menjadi dua atau tiga buah inti atom lain yang lebih ringan disebut reaksi fisi. Proses reaksi biasanya berawal dari penetrasi partikel elementer neutron ke dalam inti atom yang kemudian menjadi tidak stabil dan akhirnya pecah menjadi dua inti atom lain yang disebut produk fisi. Selain produk fisi, biasanya dilepaskan pula beberapa buah neutron (n), energi dalam bentuk panas dan radiasi gamma (h:12).

Energi nuklir
Energi yang dibebaskan dalam proses reaksi nuklir, seperti dalam reaksi fisi, dinamakan energi nuklir. Proton dan neutron secara independen adalah partikel bebas, sehingga ketika bergabung memebentuk satu inti atom, partikel-partikel ini terikat oleh energi yang disebut energi ikat. Sebagian dari energi ikat yang dilepaskan dalam proses reaksi fisi nuklir inilah yang menjadi sumber energi nuklir.
Sekitar 80% dari energi nuklir ini dibawa oleh produk fisi dalam bentuk energi kinetik yang kemudian terdisipasi menjadi panas di dalam medium bahan bakar ketika produk fisi tersebut bergerak dan kehilangan energi dalam medium.

Samakah Reaksi Nuklir dengan Reaksi Kimia?
Reaksi kimia adalah reaksi yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari, seperti pembakaran kayu, minyak tanah dan gas untuk memasak. Berbeda dengan reaksi nuklir, reaksi kimia tidak melibatkan perubahan pada inti atom dari unsur-unsur yang bereaksi, sehingga jika misalnya Natrium atau sodium (Na) direaksikan dengan Chlor (Cl) dia tidak akan berubah menjadi atom karbon (C) atau atom lainnya. Mereka tetap menjadi atom Na dan Cl hanya kemudian ber ikatan satu sama lain membentuk molekul NaCl sehingga energi yang terlibat relatif kecil.
Energi yang dihasilkan oleh setiap reaksi fisi sekitar dua juta kali lebih besar jika dibandingkan dengan energi yang dihasilkan oleh setiap reaksi kimia.

Reaksi fisi berantai
Ketika inti atom suatu bahan bakar nuklir seperti uranium mengalami reaksi fisi, maka akan dilepaskan pula sebanyak 2 atau 3 buah neutron baru (neutron bebas) hasil dari reaksi fisi tersebut. Neutron-neutron bebas tersebut bisa menjadi pemicu untuk terjadinya reaksi fisi berikutnya dari inti atom uranium lain yang berada di sekitarnya. Jika reaksi-reaksi fisi ini terus berlanjut, maka terjadilah apa yang dinamakan dengan reaksi fisi berantai.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Petunjuk Download

Semua link download akan dialihkan ke adf.ly secara otomatis,,,ketika masuk di halaman adf.ly , silahkan sobat klik tombol (SKIP AD atau LEWATI) pada kanan atas layar sobat atau drag tombol (SKIP AD atau LEWATI) tersebut ke kotak adress bar,,,setelah itu sobat akan langsung masuk ke halaman mediafire dan silahkan download filenya.............. enjoy :) :D

NB : jika saat mendownload, sobat diminta memasukan password untuk membuka filenya. silahkan masukan password "fnr-site.blogspot.com" (tanpa tanda petik!)