Selasa, 27 Maret 2012

Contoh Resensi Buku

Contoh Resensi Buku 1
MANAJEMEN AYAM KAMPUNG

Judul buku : Pengelolaan Usaha Peternakan Ayam Kampung
Penulis : DR. Ir. M. Rasyat
Penerbit : Kanisius
Tahun Terbit : 1992
Tebal buku : 164 halaman


Buku ini adalah hasil karya Muhammad Rasyat, dia lahir di Jakarta pada tanggal 3 November 1952, lulus sebagai sarjana peternakan pada tahun 1978. Saat ini dia bekerja sebagai staf pengajar di fakultas peternakan Institut Pertanian Bogor ( IPB). Buku ini berisi pembahasan tentang pengertian dasar usaha, perencanaan sampai pengolahan hasil peternakan khusus ayam kampung. Sedangkan pada buku yang berjudul “ Memelihara Ayam Buras “ penjelasan lebih terperinci seperti penjelasan tentang cara memelihara, bahan makanan, pemberian nutrisi, pencegahan penyakit, dan pengantar usaha. Di dalam buku ini terdapat lampiran yang memungkinkan pembaca yang belum mengetahui aspek tehnisinya dapat membaca buku lain yang disarankan dalam lampiran tersebut. Buku ini hanya membahas aspek bisnisnya saja sehingga para pembaca yang belum mengetahui aspek tehnisi harus membaca buku lain.


Ayam kampung sebagai bagian dari kehidupan masyarakat desa sebenarnya telah berlangsung lama. Ia dikenal sebagai “ tabungan ” masyarakat desa, sebagai menu hari “ istimewa “ dan juga sebagai kebiasaan dalam kehidupan di desa. Tidak heran bila pamor ayam kampung ini tidak pernah surut. Populasi ayam kampung pun terus menandingi populasi ayam ras, sayangnya ayam kampung sebagai penyedia telur dan daging masih dipelihara secara tradisional saja. Di Indonesia hanya beberapa yang mengarahkan pada usaha peternakan komersial hal ini dapat dimengerti karena sedikit informasi ilmiah tentang ayam kampung dan pengelolaan usaha ternak ayam kampung secara komersial seperti ayam ras, akibatnya banyak pihak yang menerapkan prinsip-prinsip beternak ayam ras untuk ayam kampung yang sudah tentu sangat tidak cocok.

Buku “ Pengelolaan Usaha Peternakan Ayam Kampung ”merupakan buku yang hanya membahas bisnis suatu pekerjaan ayam kampung dengan landasan manajemen dan ilmu ekonomi mikro. Buku ini tidak membahas aspek tekhnis beternak ayam kampung karena cara-cara beternak ayam kampung atau ayam buras sudah dibahas di buku “ Memelihara Ayam Buras ”. sangat diharapkan bahwa pembaca terlebih dahulu membaca buku tadi sebelum membaca buku ini, agar pembaca tidak mengalami kesulitan dalam memahami isinya.

Disamping itu, pengetahuan dasar tentang manajemen dan Ekonomi mikro atau pengalaman dalam bisnis umum akan sangat membantu memahani isi buku ini. Buku ini disusun berlandaskan ilmu produksi unggas, manajemen peternakan dan ilmu ekonomi peternakan. Materi yang disajikan berupa intisari ketiga ilmu tersebut yang ditulis dengan gaya penyajian yang populer, sehingga dapat dimengerti oleh berbagai kalangan pembaca. Apabila masih juga mengalami kesulitan, pembaca dapat mencari materi yang dibutuhkan sebagaimana yang diinformasikan dalam lampiran di belakang buku ini. Di dalam buku ini tidak terdapat indeks buku sehingga pembaca kesulitan mencari pokok yang dituju.

Bagi para pembaca yang ingin beternak ayam kampung dianjurkan untuk tidak hanya membaca buku ini tapi juga membaca buku lain seperti buku “ Memelihara Ayam Buras “ buku “ Beternak Ayam Kampung ” dan buku “ Seputar Ayam Kampung ” sehingga pembaca bisa memahami dan mempraktekkannya di lapangan.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Petunjuk Download

Semua link download akan dialihkan ke adf.ly secara otomatis,,,ketika masuk di halaman adf.ly , silahkan sobat klik tombol (SKIP AD atau LEWATI) pada kanan atas layar sobat atau drag tombol (SKIP AD atau LEWATI) tersebut ke kotak adress bar,,,setelah itu sobat akan langsung masuk ke halaman mediafire dan silahkan download filenya.............. enjoy :) :D

NB : jika saat mendownload, sobat diminta memasukan password untuk membuka filenya. silahkan masukan password "fnr-site.blogspot.com" (tanpa tanda petik!)